Kabar alat transportasi Becak di kota besar saat ini

Becak adalah salah satu moda transportasi umum, memiliki roda tiga, umumnya dua roda di depan dan satu roda dibelakang, becak dapat membawa 2 orang dewasa sekaligus dalam sekali jalan, tiga orang termasuk supirnya, hehehe
Becak Kayuh, Photo by Niko Lienata on Unsplash

Definisi Becak menurut Wikipedia adalah Becak (dari bahasa Hokkien: be chia "kereta kuda") adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Menjadi pengemudi becak merupakan salah satu cara untuk mendapatkan nafkah yang mudah, sehingga jumlah pengemudi becak di daerah yang angka penganggurannya tinggi dapat menjadi sangat tinggi, dan akan akan menimbulkan berbagai kemacetan lalu lintas.

Becak Kayuh

Becak asli versi awal dari alat transportasi roda tiga ini. dengan desain dua roda di depan dan satu roda di belakang, menggunakan tenaga kayuh. sangat efisien dan ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi asap.
sekitar tahun 2000an penggunaan becak kayuh sedang jaya di masa itu, becak sangat di butuhkan oleh masyarakat yang sudah lanjut usia, mereka yang belum memiliki sepeda motor, dsb. sehingga becak menjadi idaman alat transportasi ramah lingkungan saat itu.

sekitar tahun 2010, becak tradisional becak kayuh bergeser menjadi becak motor, sebuah konsep kreatif untuk mengatasi kepayahan dalam mengayuh becak. dengan tenaga motor ini jarak dan beban berat di depan tidak menjadi masalah bagi supir becak motor ini.

Kemacetan menjadi sebab becak ini dilarang.
Supir becak sebagian besar di kota-kota besar, selalu mendirikan organisasi atau dengan istilah paguyuban becak. Dengan paguyuban ini supir becak memiliki kelompok - kelompok di tempat yang ramai yang mayoritas pengunjungnya memerlukan becak, contoh, pasar tradisional, toko supplier bahan, mall dsb.

Kelebihan dan Kekurangan Becak

1. Kapasitas pengangkutan 
Becak di desain untuk mengangkut 2 orang penumpang sekaligus, Karena ini ukuran becak menjadi lebih lebar daripada sepeda motor, sehingga memakan badan jalan. Namun Becak menjadi moda transportasi umum yang lebih efektif untuk mengurangi kemacetan daripada masyarakat menggunakan mobil namun hanya sendirian.
Mengurangi kemacetan secara efektif dalam jangka waktu pendek becak seharusnya menjadi pilihan yang dapat dipertimbangkan.

2. Polusi Udara
Becak tradisional memiliki kelebihan, bebas asap sehingga alat transportasi ini sangat efektif agar sebuah kota terhindar dari polusi udara yang tinggi. Namun, karena dikayuh, becak memiliki kecepatan yang lebih rendah daripada kendaraan bermotor.

3. Perberdayaan Masyarakat Menengah Kebawah
Hampir semua supir becak berasal dari Masyarakat Menengah kebawah, Keberadaan becak juga memicu sebuah kebutuhan akan sparepart nya dan kebutuhan tambal ban.
Selain itu jika dikaitkan dengan isu Pengangguran, seharusnya becak bisa menjadi salah satu alternatif pekerjaan untuk mengurangi jumlah pengangguran.

Bahaya dan Manfaat Becak Motor
Becak motor adalah sebuah ide untuk menambah daya kayus dari sebuah mesin sepeda motor, sehingga bagian belakang becak tradisional dengan sistem kayuh diganti dengan sepeda motor yang kemudi nya diganti oleh becak bagian depan.
hal ini menambah efektifitas perjalanan namun memiliki sebuah resiko, tentu karena kelebihan adan kelemahan.
Becak motor menambah polusi udara, iya karena penggunaan sepeda motor dengan usia tidak layak pakai membuat becak motor menjadi penyebab polusi udara.
Pengemudi becak motor menjadi ugal ugalan karena cepat. melawan arus dan membawa beban melebihi kapasitas sangat berbahaya bagi becak motor. bukan hanya bagi supir dan penumpangnya namun juga sangat berbahaya bagi pengguna jalan lain.

Becak motor seharusnya bisa diarahkan ke arah yang lebih tepat guna.
standarisasi pabrikan becak motor saya rasa perlu karena becak motor bisa menjadi alat transportasi angkut barang yang lebih ekonomis dibandingkan menggunakan mobil pickup.
Becat motor sangat dibutuhkan oleh pelaku UKM yang membutuhkan alat transportasi barang yang ekonomis dan bisa masuk ke daerah yang tidak bisa dilalui oleh mobil picuk up.

Kebiasaan supir becak saat ini.
jika isu kemacetan menjadi penyebab utama becak ini dilarang oleh pemerintah
menurut saya pribadi, seharusnya lebih bisa di teliti lagi tentang hal tersebut. Supir becak baru yang notabene memiliki atitud yang kurang baik menyebabkan alat transportasi ini terancam.
beberapa perilaku seperti :

  • parkir sembarangan
  • melawan arus
  • membawa barang yang melebihi kapasitas
  • membawa penumpang melebihi kapasitas
  • Modifikasi becak tradisional menjadi motor
membuat becak menjadi alasan tentang isu kemacetan 
jika di telisik lagi, membawa mobil pribadi namun hanya seorang saja apakah ini bukan menjadi penyebab utama kemacetan lalu lintas di kota-kota besar ? 

Kemacetan kendaraan bermotor memiliki dua efek, efek polusi udara dan melambatnya waktu perjalanan selain itu juga memiliki dampak terhadap kesehatan.
Becak tradisional apabila dikembangkan dan difasilitasi oleh pemerintah tentu akan memiliki kelebihan tersendiri.
  1. Pengembangan efektifita penumpang
  2. Standarisasi Rangka dan Usia Becak
  3. Standarisasi Tata Tertib di Jalan Raya 
  4. Pendidikan terhadap Supir Becak
adalah beberapa poin sederhana yang bisa dikembangkan dalam sebuah kota, karena becak seharusnya menjadi pilihan tepat untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dengan catatan supir becak harus tertib dalam menjalan tugas sebagai supir becak.
becak bisa menjadi sarana transportasi umum ramah lingkungan karena tidak menimbulkan asap sama sekali. 





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kabar alat transportasi Becak di kota besar saat ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel